KSK Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Hadirkan Rumah Sakit Bintang Lima

0
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, saat mengunjungi BLUD RS Konawe

Unaaha – Tingkatkan pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan begitu besar ditunjukan oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) dengan membangun rumah sakit bintang lima di Konawe.

Dengan predikat Bintang lima atau paripurna yang kini disandang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe bukanlah isapan jempol belaka. RS yang dinahkodai Direktur dr. Agus Lahida tersebut selalu meningkatkan pelayanan dan melengkapi fasilitas kesehatannya dari waktu ke waktu.

Seperti dilansir tribunkonawe.com, salah satu bentuk pelayanan yang luar yang diberikan RS tersebut adalah pelayanan gratis untuk warga tak mampu dan tak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS)/BPJS Kesehatan. Program tersebut merupakan hasil kolaborasi pihak RS dan Pemkab Konawe yang saat ini sudah sementara berjalan.

Direktur RS, dr. Agus Lahida menuturkan, warga tidak mampu dan belum memiliki akses kartu kesehatan agar tak ragu-ragu ke RS Konawe. Menurutnya, saat ini ada banyak program inovasi RS untuk membantu mereka yang tidak mampu secara finansial untuk berobat.

Agus mengungkapkan, selama ini ada anggapan kalau yang bisa mendapat layanan kesehatan gratis hanyalah warga pemegang KIS. Di sisi lain, tidak semua warga Konawe saat ini punya KIS. Pihak, RS pun telah memiliki sejumlah solusi terhadap permasalahan itu.

Salah opsi yang ditawarkan, yakni program program Keluarga Sehat Gemilang yang merupakan hasil kerjasama dengan Pemkab Konawe. Tahun ini, Bupati KSK mengalokasi dana Rp500 juta untuk program tersebut. Program layanan kesehatan untuk warga tak mampu itu dapat diberikan hingga pada tindakan operasi.

“Jadi pasien kategori miskin dan tidak memiliki KIS, bisa memakai fasilitas program ini. Yang bersangkutan cukup menunjukan KTP-nya sebagai warga Konawe,” ujarnya.

Agus menerangkan, selain program tersebut ada juga sejumlah bantuan kesehatan yang bisa diberikan. Diantaranya ialah bantuan dari program kitabisa.com yang dananya dihimpun dari pada donatur. Ada juga bantuan yang berasal dari program CSR perbankan dan pihak swasta lainnya. Lalu ada bantuan dari program S3 atau sedekah seribu sehari. Dana tersebut merupakan sedekah dari pegawai RS yang disumbangkan untuk para pasien tidak mampu.

“Makanya, bagi warga tak mampu jangan ragu jika hendak berobat ke BLUD RS Konawe. Akan selalu ada solusi yang kami berikan,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here