Bersama Enam Walikota Lainnya, Sulkarnain Kadir Jadi Pimpinan Sidang di Rakernas APEKSI XV Padang

0

MNC Trijaya Kendari, Padang – Rapat Kerja Nasional XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas XV APEKSI) Tahun 2022 resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia H. Zulkifli Hazan, di Hotel Truntum, Kota Padang, Senin (8/8/2020).

Pembukaan kegiatan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Mendag Zulkifli Hasan bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi serta Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya dan Wali Kota Padang Hendri Septa.

Mendag berpesan melalui pelaksanaan Rakernas Apeksi XV yang digelar pada tanggal 7 hingga 10 Agustus 2022 dan mengangkat tema “Kota Kita Bangkit, yang Maju yang Bersinergi” tersebut, para Wali Kota se-Indonesia bisa menghasilkan kiat-kiat serta kolaborasi dan sinergi antar pemerintah kota dalam menjamin stabilitas ketersediaan bahan pokok serta harganya yang semakin terjangkau
“Tema Rakernas kali ini sangat tepat. Hal itu dikarenakan sesuai kondisi ekonomi saat ini pasca dihantam pandemi Covid-19 lebih kurang dua tahun,” Ungkap Menteri Perdagangan.

Ia pun berpesan akan pentingnya peran pemerintah kota saat ini untuk meningkatkan kinerja perdagangan di samping sektor penting lainnya. Mulai dari melakukan stabilisasi harga bahan pokok, kolaborasi pengawasan hingga optimalisasi transformasi digital dan peningkatan ekspor daerah.

Sementara itu, dalam sambutannya Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah menyampaikan, masyarakat Sumbar lebih banyak yang merantau, jumlah penduduk yang menetap di Sumbar berjumlah 5,6 juta orang, sedangkan yang merantau baik dalam dan luar negeri berjumlah 10 juta orang, untuk itu ia merasa jalinan Kerjasama antar daerah dirasa sangat penting.

“Kami juga mengucapkan selamat menikmat kuliner dan keindahan alam dan keramahtamahan masyarakat Sumatera Barat, jika ada hal positif ceritakanlah pada banyak orang, namun jika ada yang di rasa kurang berkenan, ceritakanlah kepada Walikota Padang atau kepada kami selaku Gubernur Sumatera Barat” Pungkas Mahyeldi.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya menyampaikan, Rakernas APEKSI sangat penting karena masing-masing pemerintah kota saat ini tengah dihadapkan dengan berbagai tantangan. Diantaranya terkait upaya peningkatan pelayanan publik, peningkatan ekonomi dan mengatasi berbagai permasalahan yang ada lainnya.
“Momen Rakernas APEKSI adalah momen yang penting. Kita harapkan seluruh peserta serius dan komit serta saling berkolaborasi menindaklanjuti hasil dari Rakernas tersebut ke depan,” ujarnya.

Selaku tuan rumah Wali Kota Padang Hendri Septa dalam sambutannya menyampaikan ucapan berterima kasih kepada seluruh Wali Kota se-Indonesia yang hadir mengikuti Rakernas APEKSI XV di Kota Padang. Diperkirakan 97 Wali Kota bersama rombongan yang hadir ke Padang mencapai 5.000 orang lebih.
“Selamat datang bagi bapak/ibu Wali Kota yang hadir mengikuti Rakernas APEKSI XV di Kota Padang. Begitu juga mengikuti berbagai agenda penunjang lainnya selama empat hari di sini,” ucap Hendri Septa yang juga Wakil Ketua Dewan Pengurus APEKSI itu.

Walikota Kendari H.Sulkarnain Kadir yang pada Rakernas tersebut hadir dan duduk bersebelahan dengan Walikota Bau-bau Ahmad Monianse mengatakan, pada Rakernas ini ia mendapat banyak pengalaman dari para Walikota terkait strategi Pemulihan Ekonomi pasca Pandemi.
“Alhamdulillah setelah 2 tahun relatif sempat tertahan untuk berkegiatan, di Kota Padang kita Kembali berkonsolidasi melakukan koordinasi dengan seluruh Kepala Daerah khususnya Pemerintah Kota se-Indonesia, dan kita mendapatkan pengalaman dari teman-teman walikota terkait pemulihan ekonomi maupun penanganan Covid-19 sehingga mudah-mudahan pengalaman ini bisa kitab bawa pulang ke Kota Kendari dan nanti bisa memberi manfaat buat daerah kita dan kita juga bisa bersinergi Bersama dengan kepala-kepala daerah lain di seluruh Indonesia” Tutur Walikota.

Kegiatan Rakernas di lanjutkan dengan sidang Pleno, Walikota Kendari H.Sulkarnain Kadir, terpilih menjadi salah satu pimpinan sidang Bersama 6 Walikota lainnya. **

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here