Berikan Akses Keuangan Seluas-luasnya Kepada Masyarakat, Walikota Melaunching Program TPAKD Kota Kendari

0
Walikota Kendari, H. Sulkarnain Kadir

MNC Trijaya Kendari – Dalam rangka mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat, dalam rangka mendukung perekonomian dan mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di Kota Kendari. Pemerintah Kota Kendari akhirnya melaunching program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Kendari dengan tema AKSESKU (Satukan Aksi Keuangan Inklusif untuk Kendari Sukses). Kegiatan ini berlangsung disalah satu Hotel di Kota Kendari, Kamis (23/6/2022).

Ditandai dengan penandatanganan MOU dan PKS program TPAKD Tahun 2022, secara resmi dibuka oleh Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir.

Sulkarnain dalam sambutannya mengatakan bahwa Industri jasa keuangan memegang peranan penting dalam perekonomian sebuah negara.

“Apabila aktivitas industri keuangan terganggu maka akan menggangu aktivitas perekonomian sebagaimana pernah kita alami pada saat krisis tahun 1998,” ungkap Sulkarnain

Selain itu ia menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Kendari dalam hal Inklusi Keuangan dan tidak terjebak dengan rentenir dan jasa keuangan ilegal.

“yang disentuh hari ini itu pedagang, pelajar serta UMKM kalau ini semua bergerak semoga tidak ada lagi yang bermasalah dengan pinjaman uang ilegal,” Jelasnya

Walikota juga mengungkapkan bahwa pertumbuhan perekonomian Kota Kendari pada tahun 2021 mengalami peningkatan sebanyak 3,86% dibanding pada tahun sebelumnya yang mengalami kontraksi minus 1,3 persen.

Situasi ini memberikan optimisme bagi kita untuk bisa segera bangkit, hal ini sangat positif jika dibandingkan dengan berbagai daerah di Indonesia yang belum bisa keluar dari tekanan ekonomi yang disebabkan oleh pandemic Covid- 19.

“Saya selaku Walikota Kendari akan mensuport program TPAKD Kota Kendari. Kolaborasi dan sinergi seluruh pemangku kepentingan adalah kunci agar inovasi-inovasi dan strategi yang baru dalam rangka mempercepat literasi dan inklusi keuangan dapat terealisasi,”ujarnya

Sulkarnain Kadir sangat mengapresiasi langkah OJK Provinsi Sultra yang selalu memberikan dukungan kepada Kota Kendari dalam rangka peningkatan Akses Keuangan Daerah.

“Saya mengapresiasi langkah OJK Sulawesi Tenggara yang selalu mendukung dan mensuport sehingga terciptanya tiga program TPAKD Kota Kendari tahun 2022, dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dan mendorong percepatan akses keuangan di Kota Kendari,” ungkap Sulkarnain.

“Semoga Program TPAKD Kota Kendari dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, serta mendorong percepatan akses keuangan di Kota Kendari. Sekaligus dapat memperkuat sinergitas serta memberikan motivasi untuk mewujudkan harapan Kota Kendari menjadi nominasi, bahkan juara pada Anugerah TPAKD Award tahun ini.” Harapnya.

Diketahui, ada 3 (tiga) Program TPAKD Kota Kendari pada tahun 2022, sebagai berikut :
1. SAGUKU (Satu Rekening Satu Pedagang Capai Inklusi Keuangan)
2. KEJAR TUNTAS (Satu Rekening Satu Pelajar Lingkungan Tanpa Sampah)
3. AMAN (Iyamo Parsayai Rentenir jangan Percaya Rentenir). ***

Editor: Hengky Iriawan Muin-MNC Trijaya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here