Pemkot Kendari Gelar Rapat Persiapan Verifikasi Lapangan Hybrid dan Evaluasi KLA Tahun 2022

0

MNC Trijaya Kendari – Dalam rangka memperkuat komitmen persiapan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Kota Layak Anak Tahun 2022, Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar Rapat Gugus Tugas KLA Tahun 2022 yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir, dan turut dihadiri Ketua TP PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain, yang juga selaku Bunda PAUD Kota Kendari. Rapat berlangsung di Media Center Rujab Walikota Kendari, Selasa (7/6/2022).

Rapat tersebut membahas kesiapan Kota Kendari untuk mengikuti verifikasi lapangan yang rencananya akan digelar Kamis (9/6/2022) oleh Kementerian PPPA RI.

Wali Kota menjelaskan, pemerintah Kota Kendari menjadikan Kota Layak Anak sebagai salah satu fokus karena mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) bahwa visi misi Kota Kendari yakni menjadikan Kendari sebagai Kota layak huni berbasis ekologi, informasi dan teknologi.

Untuk mewujudkan kota layak huni, pemerintah kota berupa mengakomodir hak anak dan menyediakan porsi bagi mereka, sehingga kota layak huni dan kota layak anak bisa tercapai karena keduanya berjalan beriringan.

“Saya kira kesadaran akan tanggungjawab terhadap anak-anak kita ini sudah terinternalisasi dalam diri kita. Karena kita semua ini adalah orang tua,” katanya.

Sulkarnain Kadir juga meminta agar mempertahankan komitmen yang telah dibangun melalui komposisi GT-KLA, sesuai indikator penilaian yang benar-benar telah dilakukan secara nyata. Melibatkan forum anak dalam setiap momentum yang membahas mengenai anak.
Wali Kota juga menyampaikan agar tidak mengejar penghargaan semata, tetapi yang terpenting adalah bagaimana upaya kita dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

“Saya berharap agar semua stakeholder bahu membahu dalam melengkapi semua indikator sesuai kewenangan masing-masing.” Pungkasnya.

Rapat Persiapan Verifikasi Lapangan Hybrid dan Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022 bertujuan untuk menyiapkan verifikasi data-data dan kegiatan Kota Layak Anak di Kota Kendari sesuai yang telah diinput di Aplikasi, yang selanjutnya akan dilakukan Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi KLA Tahun 2022, dengan harapan Kota Kendari akan dapat kembali meraih penghargaan yang lebih tinggi.

Rakor ini dihadiri oleh jejaring KLA OPD teknis, Lembaga Vertikal, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media Massa. Tidak terkecuali Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari Ir.Hj.ST.Ganef.,M.Si bersama jajarannya.

Editor: Hengky Iriawan Muin-MNC Trijaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here