Sulkarnain Kadir; Jawab Tantangan Masa Depan, Hak Pendidikan Anak Harus Selalu Terpenuhi

0
Wali Kota Kendari, H.Sulkarnain Kadir saat memberikan keterangannya kepada sejumlah awak media, usai menjadi pembina Upacara Peringatan Hardiknas di SMPN 20 Kendari (Jumat, 13/05/2022)

MNC Trijaya Kendari – UUD 1945 Pasal 31 ayat (1) menyebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Pasal ini mengamanatkan bahwa semua warga negara, termasuk anak-anak yang memiliki keterbatasan atau yang berada dalam kondisi kurang beruntung, berhak mendapatkan pendidikan, terutama pendidikan Sekolah Dasar.

Satuan pendidikan Sekolah Dasar merupakan tanggung jawab pihak pemerintah daerah. Oleh karena itu, pemda setempat harus dipastikan sudah memberikan hak pendidikan bagi anak-anak.

Wali Kota Kendari, H.Sulkarnain Kadir saat memberikan keterangannya usai menjadi pembina Upacara Peringatan Hardiknas di SMPN 20 Kendari (Jumat, 13/05/2022)

Untuk itu, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir berharap dunia pendidikan di kota Kendari terus berinovasi dan mengembangkan potensinya, dan selalu memenuhi hak anak untuk memperoleh pendidikan.
“Kita berharap, pendidikan kita bisa semakin berkembang kedepan, dan pandemi covid-19 ini bisa memberikan pembelajaran, bahwa kita tidak boleh berhenti terus berinovasi, memberikan terobosan-terebosan terkait upaya kita memberikan hak pendidikan kepada anak-anak kita.” ujar Sulkarnain Kadir saat memberikan keterangannya usai upacara peringatan Hardiknas di SMPN 20 Kendari. Jumat (13/5/2022)

Pesatnya kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, Walikota Kendari mengatakantan bahwa tantangan dibidang pendidikan tidak semakin mudah, perlu menemukan cara bagaimana anak-anak kita dapat terpenuhi haknya.
“Anak-anak kita tidak hanya mendapatkan pembelajaran, tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tapi bagaimana mereka secara utuh, tumbuh fisiknya, mentalnya, pengetahuannya, sekaligus punya karakter sesuai dengan nilai-nilai yang ada pada bangsa dan negara kita. Karena mereka sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan dan pembangunan kita,” terang Sulkarnain.

“Program Serentak Bergerak, Merdeka Belajar, harus betul-betul dihayati, untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki dalam sistem pendidikan di Indonesia. Anak-anak kita siapkan untuk menjawab tantangan di masa akan datang.” Pungkas Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir. (Hengky-MNC Trijaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here