Bersiap, Mulai 15 Mei hingga 30 Juni 2022 BPS Lakukan Pendataan Sensus Penduduk Lanjutan 2020

1
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, saat Sensus Penduduk 2020 Online, Minggu, 16 Februari 2020. Foto: M.Harianto Sultra.antaranews.com

Trijaya Kendari – Sensus Penduduk 2020 (SP2020) masih akan berlanjut. SP2020 Lanjutan tersebut mulai 15 Mei hingga 30 Juni 2022, Petugas Sensus di seluruh Indonesia akan melakukan pendataan di rumah tangga terpilih sebagai responden termasuk di semua kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tenggara.

Pada SP2020 Lanjutan ini, khusus untuk Kota Kendari, Kota Baubau dan Kabupaten Bombana digunakan Computer-Assisted Personal Interview (CAPI)
Artinya, wawancara responden langsung menggunakan gawai. Dengan CAPI, proses interview dengan responden dan entri data dilakukan secara bersamaan. Hal ini akan mempersingkat tahapan pengumpulan data hingga data tersedia pada sistem komputer.

Kemudian, pada SP2020 Lanjutan ini digunakan kuesioner Long Form, yakni pendataan penduduk dengan pertanyaan yang lebih detail kepada seluruh responden terpilih yang mewakili populasi Kabupaten / Kota. Variabel yang detail diharapkan bisa mencerminkan kondisi sosial demografi masyarakat.

SP2020 Lanjutan untuk rumah tangga yang terpilih, akan mengumpulkan 83 pertanyaan. Pertanyaan individu sebanyak 13 pertanyaan meliputi nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, status kawin, dan lainnya. Selain itu, juga menanyakan fertilitas dan mortalitas (kelahiran dan kematian) sebanyak 22 pertanyaan, ketenagakerjaan sebanyak 5 pertanyaan, disabilitas sebanyak 11 pertanyaan, pendidikan dan komunikasi sebanyak 4 pertanyaan dan yang terakhir pertanyaan perumahan sebanyak 10 pertanyaan.

Di Sulawesi Tenggara (Sultra), jumlah petugas pendata mencapai sebanyak 1.324 orang.

Kepala BPS Sultra Agnes Widiastuti, S.Si, ME kepada MNC Trijaya berharap agar responden terpilih dapat menyambut petugas Sensus Penduduk 2020

 

Kepala BPS Sultra Agnes Widiastuti, S.Si, ME
Foto: JGS/Frans Patadungan © 2021

“Harapan kami, sambutlah petugas Sensus Penduduk 2020 di rumah Bapak Ibu, bantu jawab pertanyaan yg diajukan dengan jujur dan bersabarlah atas beberapa pertanyaan yang diajukan petugas. Kami menjaga kerahasiaan jawaban bapak ibu. Jawaban bapak ibu sekalian menentukan arah pembangunan Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara utk menuju Indonesia Maju.” Harap Agnes Widiastuti, Kamis (12/5/2022).

Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir disalah satu kegiatan
Foto. kendarikota.go.id

Sementara itu, Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir berharap Sensus Penduduk (SP) 2020 Lanjutan ini, masyarakat atau responden terpilih agar proaktif mengikuti SP2020 Lanjutan.
“Kami sebagai pemerintah sangat mendukung terlaksananya Sensus Penduduk 2020 Lanjutan ini, inisiatif masyarakat diharapkan dapat lebih maksimal, dengan menyambut kedatangan petugas sensus dan memberikan jawaban jujur sesuai pertanyaan petugas sensus, dan jawaban anda dijaga kerahasiaannya oleh petugas sensus,” ujarnya.

Diketahui, Sensus Penduduk 2020 (SP2020) memasuki babak baru. Setelah melalui pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SP Online) dan Sensus Penduduk September (SP September), selanjutnya BPS akan melaksanakan SP2020 Lanjutan (Long Form SP2020). Kegiatan yang sempat tertunda dan mengalami penghentian akibat pandemi Covid-19 di tahun 2021 ini akhirnya sedia dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2022.

Kegiatan SP2020 Lanjutan ini penting untuk dilaksanakan untuk menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan. Pendataan lapangan SP2020 Lanjutan akan melibatkan masyarakat secara langsung, pengurus Satuan Lingkungan Setempat (SLS) seperti RT/RW, dan petugas sensus. Kompleksitas pendataan dan perubahan proses bisnis di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir menjadi tantangan yang harus dihadapi.

Keberhasilan pelaksanaan SP2020 Lanjutan membutuhkan dukungan berbagai pihak. Dengan demikian, BPS Provinsi Sulawesi Tenggara meminta dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat se-Sulawesi Tenggara untuk membantu kami dalam mencatat Indonesia dengan cara menerima kedatangan petugas sensus di rumah tangga terpilih pada bulan mei-juni 2022 dan memberikan jawaban yang benar dan jujur. (Adv)

Editor: Hengky Iriawan-MNC Trijaya

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here