Ketua Forum Kota Sehat Kota Kendari Berharap Penerapan Kota Sehat Percepat Penanggulangan Pandemi Covid-19

0

MNC Trijaya Kendari, Semarang – Kota sehat menjadi salah satu penentu konvergensi dan sinergi sejumlah program prioritas yang sedang digalakkan pemerintah, seperti percepatan penurunan stunting; penurunan angka kematian ibu dan anak; serta penurunan prevalensi tuberkulosis. Oleh karena itu, komitmen dan peranan pemerintah kabupaten/kota menjadi semakin strategis dalam wujudkan kota sehat.

Perhelatan kegiatan Healthy Cities Summit 2022 atau Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia berlangsung di salah satu hotel di Kota Semarang, Senin (28/3/2022).

Ketua Forum Kota Sehat Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain bersama Pembina Kota Sehat Kendari, Ridwansyah Taridala serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum dan Direktur RSUD Kota Kendari, Sukirman turut mengikuti seminar Healthy Cities Submit 2022.

Di tahun 2022 ini, peringatan Hari Kota Sehat mengambil tema ‘Healty Cities for All’.

Ketua Forum Kota Sehat Kendari mengharapkan usai kegiatan ini terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19, penerapan kabupaten/kota sehat akan mempercepat penanggulangan pandemi, mengurangi dampak di sektor kesehatan, sosial, dan ekonomi, serta meningkatkan capaian indikator pembangunan.

“Agar peserta termotivasi untuk mengintegrasikan konsep kabupaten/kota sehat dalam aspek perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan dan derajat kesehatan masyarakat,” ujar Ketua Forum Kota Sehat sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Hj. Sri Lestari Sulkarnain, Senin (28/3/2022).

Kegiatan Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia 2022 di Kota Semarang, dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, dan diikuti oleh perwakilan kementerian/lembaga, 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota, baik dari pemerintahan maupun forum provinsi/kabupaten/kota sehat se Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here