UPP GOES TO Kelurahan Puuwatu, Cegah SPG dan Kenalkan New LAIKA

0

Kendari, MNC Trijaya Kendari – Cegah Suap Pungli Dan Gratifikasi (SPG), Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) bersama Dinas Kominfo gencar perkenalkan Aplikasi New LAIKA sebagai salah satu Aplikasi pelayanan publik satu pintu Pemerintah Kota dalam satu portal yang merupakan Inovasi Wali Kota Kendari .

Sosialisasi Sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) dan perkenalkan Aplikasi New LAIKA tersebut Berlangsung di Kelurahan Puuwatu, Kecamatan Puuwatu, Jumat, (25/03/2022).

Sosialisasi tersebut dalam rangka mengedukasi para RW, RT agar terhindar dari praktek Suap, Pungli dan Gratifikasi serta perkenalan Aplikasi New LAIKA dalam rangka mempermudah masyarakat melakukan Pengurusan Administrasi di pemerintahan Kota Kendari.

Irban Investigasi Inspektorat Kota Kendari, Mulyadi saat memberikan materi Gratifikasi mengatakan, segala bentuk praktek gratifikasi harus dihindari untuk menyelamatkan diri dari tindak melanggar hukum.

“Hadirnya Aplikasi LAIKA merupakan inovasi Bapak Wali Kota Kendari, untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan urusan Administrasi dan juga dapat mengindari warga dan petugas terhadap praktek Suap, Pungli dan Gratifikasi,” Ujarnya Jumat, (25/03/222).

Sementara, Fungsional Pengawas Pemerintahan Inspektorat Kendari, Nurwahid mengatakan, fungsi UPP Saber Pungli yakni melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efesien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil satuan kerja dan sarana prasarana, baik dari kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah.

“Semoga melalui Sosialisasi ini Bapak, ibu dapat memahami akan pentingnya mengindari tindakan pungli,” Harapnya.

Kabid Egovernment Dinas Kominfo Kendari Wawan Astanto,mengatakan, Aplikasi New LAIKA dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan Administrasi ke Pemerintah Kota Kendari.

“Aplikasi LAIKA ini merupakan trobosan Bapak Wali Kota yang menginginkan masyarakat Kota Kendari mendapatkan pelayanan yang baik dan mudah,” Ujarnya

“Kita tidak harus lagi direpotkan melakukan pengurusan dengan mengunjungi Kantor Kelurahan, Kecamatan dan Catatan Sipil, cukup melalui Aplikasi LAIKA ini bapak, ibu bisa terlayani,” Terang Kabid Egovernment Dinas Kominfo Kota Kendari.

Sementara, Camat Puuwatu, Alpian mengucapkan terimakasih kepada Inspektorat dan Dinas Kominfo atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi tersebut.

“Saber pungli sangat penting untuk dipahami masyarakat. Seperti apa itu pungli, bentuk-bentuknya seperti apa dan perakteknya seperti apa serta bagaimana cara mengatasinya,” Ujarnya

“Dengan adanya Aplikasi New LAIKA ini, sangat membantu masyarakat untuk melakukan pengurusan tanpa harus lagi datang ketempat tempat pelayanan,” tandasnya.

Lurah Puuwatu, Salman Latama mengatakan, Sosialisasi saber pungli ini sangat penting agar terhindar dari tindakan melanggar Hukum.

” Aplikasi LAIKA ini juga sangat penting dan mempermudah masyarakat melakukan pengurusan dengan tidak lagi melakukan tatap muka cukup dirumah saja sudah bisa terlayani,”terangnya

“Melalui Sosialisasi ini kita berharap RT, RW sebagai perpanjangan tangan kelurahan, dapat mengajarkan penggunaan Aplikasi LAIKA kepada warganya,”Tambahnya

Sementara Ketua Rukun Tetangga (RT) 17 Kelurahan Puuwatu, Toyo, mengapresiasi hadirnya Aplikasi LAIKA sebagai alat elektronik yang dapat membantu dan mempermudah warga dalam melakukan urusan di kelurahan.

“Kami sangat mengapresiasi Aplikasi LAIKA ini, dan tentu sangat membantu warga dalam melakukan pengurusan di keluragan dan kecamatan,” Ungkapnya

Diketahui New LAIKA merupakan Aplikasi pelayanan publik satu pintu Kota Kendari dalam satu portal yang meliputi :

1. Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil
2. Layanan 11 Kecamatan
3. Layanan 11 UPTD disdukcapil
4. Layanan 45 Kelurahan
5. Layanan Aduan Publik Inspektorat
6. Layanan Damkar
7. Layanan DLHK
8. Layanan Ambulans Dinkes Kota Kendari
9. Layanan BPBD
10. Layanan DPM-PTSP
11. Layanan Survey Dinas Kominfo

Mari Warga Kota Kendari, Download Aplikasi LAIKA di PlayStore atau Klik Link Ini, https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kotakendari.laika Menuju Kendari SUKSES.

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here