MTQ Ke-XII Tingkat Kota Baubau Resmi Dibuka Plt Walikota

0

Baubau – Pelaksana tugas (Plt.) Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, telah membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XII tingkat Kota Baubau Tahun 2022, yang diselenggarakan di rumah jabatan Wali Kota Baubau, Kamis, (24/2/2022).

Meski dilaksanakan secara sederhana dengan Protokol Kesehatan yang ketat, namun acara pembukaan MTQ tersebut tetap berjalan dengan penuh hikmat. Di mana, pelaksanaannya dijadwalkan akan berlangsung selama 4 hari, yakni mulai dari tanggal 24 sampai dengan 28 Februari 2022.

“Sebagai Pimpinan Daerah juga selaku ketua LPTQ Kota Baubau, tentu saya merasa bangga dan berbahagia dengan penyelenggaraan MTQ ke XII tingkat Kota Baubau tahun ini. Meskipun dilaksanakan secara sederhana, namun dikemas secara apik sehingga tampak lebih semarak,” ujar La Ode Ahmad Monianse dalam sambutannya.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Baubau ini berharap, agar melalui syiar MTQ yang dilaksanakan tersebut, akan dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif terhadap upaya semua pihak, dalam menghadapi penyebaran Omicron yang merupakan varian baru dari Covid-19.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini juga mengatakan, Pemerintah Kota Baubau saat ini sedang mempersiapkan diri, karena telah dipercayakan untuk menjadi tuan rumah pada ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2023 mendatang.

“Insya Allah tahun depan Baubau dipercaya untuk menjadi tuan rumah, tentu ini butuh persiapan yang matang, baik kesiapan fisik maupun sumber daya manusia. Secara fisikal, Baubau telah siap menampung peserta STQH Kabupaten dan Kota Se-Sultra, artinya bahwa dari segi penyelenggaraan kita siap,” tuturnya.

Namun demikian, La Ode Ahmad Monianse menyadari, Kota Baubau hanya perlu meningkatkan sumber daya manusianya, agar bisa sukses meraih prestasi dalam ajang tersebut. Untuk itu pihaknya berharap, agar lembaga sosial keagamaan seperti Baznas, PHBI, dan Masjid dapat mengambil peran lebih besar dalam memberi dukungan pada program pembinaan.

Pada akhir sambutannya La Ode Ahmad Monianse berpesan kepada para peserta lomba, agar mengikuti MTQ dengan tampilan yang terbaik untuk memperoleh prestasi. “Kepada seluruh dewan hakim saya ucapkan selamat bertugas, bekerjalah dengan penuh tanggung jawab, pilihlah yang layak untuk mewakili Kota Baubau pada MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara,” pungkasnya.

Diketahui, MTQ Ke-XII tingkat Kota Baubau tersebut akan diikuti oleh 127 orang peserta, yang berasal dari 8 Kecamatan Se-Kota Baubau. Di antaranya ialah, 67 orang mengikuti cabang lomba seni baca Al-Quran, 38 orang mengikuti cabang lomba hafalan Al-Quran, dan sisanya terdiri dari 10 regu yang mengikuti Syarhil Qur’an. (Diskominfo Baubau/HenQ)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here