LAIKA Kemudahan Pelayanan Bagi Masyarakat Mengurus Adminduk

0
APLIKASI LAIKA

Kendari – Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu keniscayaan. Karena itu, penyelenggara negara, termasuk pelayan publik, harus dapat memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Kota Kendari dengan visinya ‘Mewujudkan Kota Kendari sebagai Kota Layak Huni yang berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi’, sejak Kepemimpinan Wali Kota H. Sulkarnain Kadir dan Wakil Walikota Hj. Siska Karina Imran, Periode 2017-2022, sejumlah program yang telah dilaksanakan, utamanya program berbasis informasi dan teknologi. Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dipacu untuk menciptakan program pelayanan masyarakat berbasis informasi dan teknologi,diantaranya Layanan Integrasi Kendari atau LAIKA.

Pemanfaatan layanan LAIKA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan dan layanan lainnya. Seperti yang disampaikan Kadis DukCapil Kota Kendari Iswanto Dongge.

Kadis DukCapil Kota Kendari, Iswanto Dongge

“Allhamdulillah masyarakat sudah mulai merasakan akan manfaat dan kelebihan dengan mengurus layanan kependudukan pada Dinas DukCapil Tanpa Tatap Muka /Layanan Online dengan melalui Aplikasi LAIKA ini dapat dilihat dari jumlah yang terlayani mulai tanggal 14 Pebruari sampai dengan tanggal 22 Pebruari 2022 (7 hari) sudah mencapai 268 orang yang telah mendapatkan layanan dan untuk layanan pada hari ini menyelesaikan 64 layanan selesai, mudah mudahan dengan kehadiran Aplikasi LAIKA Masyarakat Kota Kendari akan banyak mendapatkan kemudahan,” ujar Iswanto Dongge kepada MNC Trijaya. Rabu (23/2/2022)

Iswanto mengaku, capaian tersebut tak lepas dari perhatian Bapak Wali Kota, H. Sulkarnain Kadir dan kerja keras jajarannya dalam menjalankan berbagai program pencetakkan administrasi kependudukan (Adminduk). “Adapun program yang dimaksud yakni kegiatan “Jebol” (Jemput Bola) diseluruh kelurahan, sekolah, perguruan tinggi hingga bekerjasama dengan fasilitas kesehatan melaui program Three in One.” Ungkapnya.

Iswanto juga menyampaikan arahan dari Wali Kota dalam pelayanan di Dinas DukCapil Kota Kendari.
“Inii atas arahan Bapak Walikota agar dukcapil segera melaksanakan pelayanan tanpa tatap muka / online,” Pungkasnya.

APLIKASI LAIKA (Layanan Integrasi Kendari) adalah aplikasi pelayanan pengurusan surat-surat administrasi kependudukan pada setiap kelurahan di Kota Kendari. Aplikasi LAIKA ini memudahkan masyarakat kota kendari mulai dari informasi persyaratan pelayanan, proses pengajuan pelayanan, dan penerbitan surat-surat.

Dinas DukCapil Kota Kendari terus berinovasi menyesuaikan perkembangan zaman. Sebab, revolusi teknologi informasi ini turut mengubah perilaku masyarakat yang menuntut pelayanan serba cepat dan tak berbelit-belit.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here