Hadir Dicoffee Morning, Sejumlah Dubes Diskusi Bersama Pemprov Sultra dan Pemkot Kendari

0

Kendari – Sejumlah Duta Besar (Dubes) Negara sahabat diskusi bersama dengan jajaran Pemprov Sultra dan Pemkot Kendari yang dihadiri Walikota Kendari Sulkarnain Kadir bersama Kadis Kominfo Sulawesi Tenggara Ridwan Badallah yang mewakili Gubernur Sultra Ali Mazi.

Pertemuan berlangsung dalam suasana Coffee Morning dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kota Kendari, bertempat di ruang Fire Place Swiss Belhotel-Kendari, Selasa (8/2/2022).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir berkesempatan berkesempatan menyampaikan potensi yang ada di kota Kendari.

“Ada banyak potensi yang bisa dieksplore dari Kota Kendari dan tidak kalah bagus dengan daerah lain di Indonesia. Meski begitu, kami menyadari bahwa banyak kemajuan yang kami duplikasi untuk bisa diterapkan di Kota Kendari, Salah satunya penataan kawasan teluk Kendari.” Ujar Wali Sulkarnain Kadir.

Sementara itu, Kadis Kominfo Prov.Sultra Ridwan Badallah menyampaikan bahwa, Republik Ceko merupakan salah satu negara mitra dagang utama Indonesia, khususnya di kawasan Visegrad. Visegrad merupakan kerja sama regional di Eropa Tengah, yang beranggotakan Ceko, Hungaria, Polandia, dan Slovakia.

Pada Desember 2021 lalu, Pemerintah RI-Ceko sepakat mendorong penguatan kerja sama bilateral ekonomi dalam bidang perdagangan maupun investasi.

Bidang kesehatan, terutama obat-obatan terapeutik, riset dan teknologi pendeteksian virus, serta mobile hospitals, renewable energy (hydro energy), merupakan bidang-bidang yang diidentifikasi untuk dikerjasamakan kedua negara.

Selain itu, kerjasama di bidang digital seperti pengamanan cybver dan kerjasama alutsista juga dijajaki.

Nilai perdagangan RI-Ceko periode Januari-September 2021 tercatat sebesar 164 juta dolar AS. Sedangkan total investasi Ceko di Indonesia hingga Triwulan III-2021 tercatat mencapai 332,7 ribu dolar AS dalam 23 proyek.

“Kedatangan para dubes ke Sultra harus benar-benar dimanfaatkan oleh jajaran pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota yang ada di Sultra untuk membuka kran-kran kerjasama dagang dan investasi,” ujar Ridwan Badallah.

Diketahui ada 14 Dubes negara sahabat yang hadir di ajang HPN masing-masing, Republik Ceko, Rusia, Polandia, Seychelles, Taiwan, Malaysia, Inggris, Pakistan, Maroko, Uni Eropa, Rumania, Azerbaijan, Iran, dan Armenia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here