Kunjungan Pjs Bupati Beltim ke Tambak Udang PT BAB, Dorong Percepatan Produksi dan Lapangan Kerja Baru

0
Sumber Foto: kabarbelitung.co.id

Belitung Timur – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Belitung Timur, Asmawa Tosepu, bersama beberapa pejabat daerah, termasuk Asisten III Haryoso, Kepala DiskominfoSP Bayu Priyambodo, Kepala PUPR Idwan Fikri, dan Kepala Lingkungan Hidup Novis Ezuar, melakukan kunjungan ke tambak udang milik PT Berkah Akuakultur Bahari (BAB) di Desa Batu Penyu, Kecamatan Gantung. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung perkembangan proyek tambak udang seluas 190 hektar yang saat ini masih dalam tahap pembangunan infrastruktur.

Dalam kunjungan tersebut, Asmawa dan rombongan disambut oleh Sudarmono dan Wayan selaku perwakilan dari PT BAB. Mereka mengadakan pertemuan di aula terbuka yang diisi dengan diskusi mengenai progres pembangunan serta perizinan tambak udang tersebut. Asmawa memberikan dukungan penuh kepada PT BAB untuk segera menyelesaikan proses perizinan dan infrastruktur, terutama menjelang tahap penyebaran bibit secara bertahap.

“Kita mendukung penuh PT BAB yang satu-satunya perusahaan tambak udang di Beltim yang telah melibatkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam proses AMDAL. Semoga perusahaan ini segera berproduksi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujar Asmawam Sabtu (12/10/2024)

Selain itu, Asmawa menekankan pentingnya investasi ini bagi perekonomian lokal. Menurutnya, tambak udang ini akan memperluas sektor ekonomi Belitung Timur yang selama ini juga ditopang oleh sektor perkebunan dan perikanan. “Investasi ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian. Kita tidak hanya bergantung pada satu sektor, tapi semua sektor perlu digarap untuk menopang ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Tambak udang PT BAB ini diharapkan bisa menyerap tenaga kerja lokal sekaligus mempercepat roda perekonomian daerah. PT BAB juga sudah mengantongi izin dari Kementerian Kehutanan untuk pemasangan pipa air laut yang melintasi kawasan hutan lindung, sehingga operasi perusahaan bisa berjalan lancar.

Perwakilan PT BAB, Wayan, mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan pemerintah daerah yang terus berkomitmen mendukung perusahaan. “Kami sangat bersyukur atas kunjungan PJ Bupati dan dukungan luar biasa dari Pemkab Beltim. Ini merupakan industri skala besar yang diharapkan bisa membawa dampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

PT BAB saat ini telah membangun 22 kolam tambak dengan masing-masing ukuran 250 meter persegi, yang siap digunakan setelah semua izin dan aturan dipenuhi. Wayan menegaskan bahwa perusahaan sangat berhati-hati dalam mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku.

Kunjungan ini berlangsung dalam suasana akrab dan santai, menciptakan hubungan yang semakin erat antara pihak swasta dan pemerintah daerah. Asmawa menekankan bahwa pemerintah akan terus memberikan rasa aman dan nyaman bagi investor besar seperti PT BAB agar bisa berinvestasi dan berkontribusi secara maksimal bagi daerah.(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here