Evakuasi Dramatis: Korban Terkurung dalam Sumur Berhasil Diselamatkan Damkar Kota Kendari Beserta Tim Penyelamat

0

Kendari – Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Kendari berhasil mengevakuasi seorang korban bernama Pipit, yang terjebak dalam sumur di Jalan Tina Orima, Kelurahan Anaiwoi, Kecamatan Kadia. Kejadian ini dilaporkan terjadi sekitar pukul 09.39 Wita, Rabu 9 Oktober 2024, dan langsung mendapatkan respon cepat dari tim penyelamat.

Menurut laporan, saat itu Pipit dan beberapa pekerja sedang melakukan pengurasan air sumur dengan menggunakan alat berat. Tiba-tiba, terdengar suara seperti ledakan, dan pemilik rumah, Umar Tawulo, segera melihat ke luar. Ia menemukan Pipit terjatuh ke dalam sumur dan segera melaporkan kejadian tersebut kepada Damkar.

Tim Damkar yang dipimpin oleh tiga regu penyelamat segera berangkat dari markas pukul 09.41 Wita dan tiba di lokasi hanya sepuluh menit kemudian. Dalam waktu kurang dari tiga jam, tim yang berkolaborasi dengan Basarnas, polisi, dan TNI berhasil mengevakuasi korban yang sudah dalam keadaan meninggal dunia.

“Proses evakuasi berjalan lancar berkat persiapan dan kerja sama semua pihak. Kami juga memastikan bahwa peralatan yang digunakan dalam kondisi baik sebelum berangkat,” kata Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Kendari, Satriawan, saat memberikan komentar tentang kejadian tersebut. Ia menambahkan, “Kondisi cuaca yang cerah juga membantu kelancaran proses evakuasi ini.”

Satriawan mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati saat melakukan pekerjaan yang melibatkan risiko tinggi. “Kami mengimbau agar setiap kegiatan di area berbahaya, seperti sumur, dilakukan dengan langkah-langkah keamanan yang tepat dan melibatkan tenaga ahli,” ujarnya.

Upaya tersebut melibatkan berbagai unit, termasuk Unit 014, Unit 012, serta tim rescue dan ambulans. Berkat kerjasama dan kesiapsiagaan, tim Damkar dan instansi terkait untuk mengevakuasi korban.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Kendari, Satriawan, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses penyelamatan dan berharap kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang. “Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain,” tutupnya.(HenQ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here