Asmawa Tosepu Dilantik Sebagai Pjs Bupati Belitung Timur, Siap Sukseskan Pilkada 2024

0

Pasir Padi – Usai menuntaskan tugasnya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bogor dengan berbagai pencapaian penting, Asmawa Tosepu kini resmi dilantik sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Belitung Timur. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sugito, di Ruang Rapat Kantor Gubernur Bangka Belitung.

Penunjukan Asmawa Tosepu sebagai Pjs Bupati Belitung Timur dilakukan untuk menggantikan sementara Bupati Burhanuddin dan Wakil Bupati Khairil Anwar, yang maju sebagai calon dalam Pilkada Belitung Timur 2024. Sesuai dengan keputusan Menteri Dalam Negeri, Asmawa kini memimpin “Negeri Laskar Pelangi” dengan tugas utama menjaga stabilitas pemerintahan dan menyukseskan penyelenggaraan Pilkada.

Sugito dalam sambutannya berharap agar Asmawa Tosepu mampu menjalankan tugasnya dengan baik selama masa jabatan sementara. “Semoga selama dua bulan ke depan, Pjs Bupati dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai amanat peraturan perundang-undangan,” ujarnya. Ia juga menekankan pentingnya menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) selama Pilkada.

Asmawa, yang sebelumnya berhasil menata kawasan wisata Puncak di Kabupaten Bogor serta mengatasi konflik angkutan tambang di Parungpanjang, kini menghadapi tantangan baru di Belitung Timur. Dalam pernyataannya, ia mengaku siap menjalankan tugas-tugas barunya, termasuk penanganan inflasi, stunting, serta memastikan kelancaran Pilkada 2024.

“Yang paling utama adalah menyukseskan pesta demokrasi Pilkada,” tegas Asmawa. Ia juga memastikan ASN di Belitung Timur tetap netral selama tahapan Pilkada berlangsung.

Selama kepemimpinannya di Bogor, Asmawa mencatatkan beberapa pencapaian signifikan, seperti penataan kawasan wisata Puncak dengan memindahkan pedagang kaki lima ke Rest Area Gunung Mas dan membawa Pemkab Bogor meraih predikat Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian PMK, yang mencakup jaminan kesehatan bagi 97,48% penduduk.

Kini, Asmawa Tosepu siap memimpin Belitung Timur, berharap bisa melanjutkan kesuksesannya dengan membawa daerah ini ke arah yang lebih baik, terutama di tengah dinamika Pilkada yang kian mendekat. (HenQ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here