Tampil di MTQ Kota Kendari Cabang Syahril Qur’an, 11 Grup Mewakili Kecamatan Unjuk Kemampuan

0

Kendari – Adu kemampuan dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an ( MTQ) cabang Syahril Qur’an (SQ), 11 grup ikut bertanding mewakili kecamatan masing-masing. Kegiatan lomba berlangsung di Aula SMPN 9 Kendari, Senin (31/1/2022).

Setiap kecamatan menunjukkan kebolehannya dalam menampilkan berbagai materi yang telah disiapkan, seperti Kecamatan Kadia sebagai tuan rumah mengangkat materi tentang kampanyenya anti hoax yang marak terjadi saat ini.

Tiga peserta yang tampil dalam lomba ini saling berbagai peran menyampaikan materi yang dipadukan dengan puitisasi.

Untuk diketahui Musabaqah Syarhil Qur’an adalah bidang musabaqah yang mengungkapkan isi kandungan Al-Qur’an dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi/terjemah dan uraian yang menunjukan kesatuan yang serasi.

Peserta terdiri atas tiga orang terdiri atas seorang pembaca ayat, seorang pembaca terjemah/puitisasi, dan seorang pengungkap isi kandungan Al-Qur’an.

Adapun materi yang disampaikan dalam musabaqah pada bidang Syarhil ini adalah berbagai topik yang memiliki landasan ayat-ayat Al-Qur’an yang terdiri atas aqidah, ibadah, akhlak, kemasyarakatan/muamalah, dan lainnya.

Ada beberapa kriteria penilaian dalam cabang Syarhil Quran ini, diantaranya, bidang terjemah dan materi, meliputi ketepatan terjemah, sistematika dan isi serta kaidah dan gaya bahasa. Bidang penghayatan dan retorika meliputi vokal dan artikulasi, intonasi dan aksentuasi, gaya dan mimik serta kesopanan dan keserasian. Dan bidang tilawah, meliputi penilaian dalam hal tajwid, lagu dan suara dan Fashahah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here