Paslon Wali Kota Kendari Siska-Sudirman: Tes Psikologi Uji Kepemimpinan dan Konsistensi

0

Kendari – Lima pasangan bakal calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari mengikuti rangkaian tes psikologi di RSUD Kota Kendari pada Minggu (1/9/2024). Tes tersebut dimulai pada pukul 08.30 WITA dan diikuti oleh seluruh pasangan calon.

Dalam tes ini, para peserta dihadapkan dengan sekitar 600 soal yang meliputi berbagai aspek, seperti tes inteligensia, tes kepribadian, tes potensi khusus, serta Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI). Rangkaian tes ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama, yaitu tes psikologi, berlangsung dari pukul 08.30 WITA hingga 12.00 WITA. Selanjutnya, tahap kedua adalah tes wawancara yang dilakukan mulai pukul 13.00 WITA hingga 16.00 WITA. Namun, pada tahap kedua, setiap bakal calon menjalani wawancara secara terpisah berdasarkan nomor undian, sehingga waktu pelaksanaannya berbeda-beda untuk setiap pasangan.

Siska Karina Imran, salah satu bakal calon Wali Kota Kendari, menyatakan bahwa tes tahap pertama cukup melelahkan karena harus menyelesaikan ratusan soal, baik pilihan ganda, esai, maupun tes menggambar. Meskipun demikian, ia merasa mampu menyelesaikan semua soal tepat waktu sesuai dengan instruksi.

“Yang paling menarik tadi itu sesi wawancara karena seperti debat, hanya saja tidak ada audiens, face to face. Tes ini sisi kepemimpinan kita diuji, kita diwawancara untuk memecahkan persoalan, sebagai seorang pemimpin,” ungkap Siska usai mengikuti tes.

Sudirman, bakal calon Wakil Wali Kota Kendari, juga mengakui bahwa tes kali ini sangat menarik, terutama dalam menggali aspek kepemimpinan. Ia merasa bahwa sesi wawancara memberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dalam memecahkan masalah sebagai seorang pemimpin.

“Di sesi wawancara tadi kita diuji bagaimana seorang pemimpin memecahkan masalah, termasuk konsistensi juga diuji dalam tes tertulis. Kalau wawancara, apa yang kita jawab itu lagi yang ditanyakan,” jelasnya.

Tes psikologi ini merupakan tahap akhir dari pemeriksaan kesehatan yang harus dilalui oleh para balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari untuk melengkapi persyaratan yang ditetapkan oleh KPU. Hasil dari tes ini akan menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kelayakan para kandidat untuk maju dalam Pilkada Kendari 2024.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here