Hari Pertama Pemeriksaan Kesehatan Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari Siska – Sudirman Berjalan Lancar

0

Kendari – Tiga pasangan bakal calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Kota Kendari pada Jumat (30/8/2024). Pemeriksaan kesehatan ini merupakan tahapan penting dalam proses pemilihan kepala daerah.

Pasangan pertama yang menjalani pemeriksaan adalah Siska Karina Imran dan Sudirman, disusul oleh Giona dan Subhan, serta pasangan terakhir, Abdul Rasak dan Afdal.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Jumwal Saleh, menjelaskan bahwa tahapan pemeriksaan kesehatan dimulai setelah pendaftaran Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dibuka pada 27 Agustus 2024. Namun, seluruh pasangan calon baru mendaftar pada hari terakhir, yaitu 29 Agustus 2024. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan baru bisa dimulai pada 30 Agustus 2024 dan akan berlangsung hingga 2 September 2024.

“Sebagaimana diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024, ada 13 jenis pemeriksaan yang harus dilalui, ditambah dengan dua pemeriksaan penunjang, yaitu laboratorium dan radiologi,” ungkap Jumwal.

Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman, menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan ini mencakup tiga aspek, yaitu pemeriksaan medis, psikiatri, dan psikologi. Untuk pemeriksaan medis dan psikiatri dilakukan secara individual oleh masing-masing pasangan calon, sedangkan tes psikologi akan dilakukan secara bersamaan pada hari Minggu (1/9/2024).

“Tes psikiatri yang dilakukan oleh ahli jiwa sudah diselesaikan oleh pasangan Siska dan Sudirman. Pemeriksaan medis, termasuk laboratorium dan radiologi, seperti CT Scan dan pap smear, juga telah selesai,” jelas dr. Sukirman.

Hasil pemeriksaan kesehatan ini akan diserahkan langsung kepada KPU Kota Kendari pada 2 September 2024.

Siska Karina Imran, salah satu Balon Wali Kota Kendari, mengaku lega setelah menyelesaikan rangkaian tes yang memakan waktu hingga 8 jam. Mantan Wakil Wali Kota Kendari ini menyatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan menjelang pemeriksaan kesehatan, kecuali puasa sejak pukul 10 malam sebelumnya.

“Alhamdulillah, hari ini semua berjalan dengan lancar. Kami telah melewati semua tahapan tanpa kendala dan kini tinggal menunggu hasil yang akan disampaikan oleh KPU kepada kami,” ujar Siska kepada awak media.

Sudirman, Balon Wakil Wali Kota Kendari, juga menyatakan optimismenya setelah menjalani 13 jenis pemeriksaan kesehatan, mulai dari pemeriksaan kesehatan umum, jantung, paru, hingga syaraf.

“Secara umum, konsultasi dengan dokter berjalan baik, tetapi hasil resmi akan disampaikan oleh pihak rumah sakit kepada KPU,” pungkas Sudirman.

Pasangan Siska dan Sudirman optimis bahwa hasil pemeriksaan kesehatan mereka akan memuaskan, sehingga memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari. **

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here