Diklat Pemadam 1 Bagi Aparatur Damkar dan Keselamatan Kota Kendari Tahun 2024, Resmi Ditutup

0

Kendari – Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemadam 1 Aparatur Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Kota Kendari Tahun 2024, yang diselenggarakan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi ditutup. Acara ini berlangsung di Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulawesi Tenggara mulai pukul 08.30 WITA hingga selesai, Senin (26/8/2024). Diklat ini diikuti oleh 50 petugas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra), yang menghadirkan empat pelatih dari Kemendagri.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, Muhdar SH, menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat permohonan dari Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Kendari kepada Kemendagri.

Penanggung jawab kegiatan, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Kendari, Satriyawan Abu Yasid S.STP., M.AP., dalam sambutannya menyampaikan pesan penting tentang kedisiplinan.

“Disiplin itu tidak mengekang, justru disiplin itu memerdekakan. Kepada peserta yang telah melaksanakan kegiatan pendidikan selama tujuh hari, semoga ini menjadi bekal dalam melaksanakan tugas pencegahan, pemadaman, dan penyelamatan di masyarakat Kota Kendari,” ungkapnya.

Diklat ini juga memberikan penghargaan kepada enam peserta terbaik berdasarkan penilaian kedisiplinan, sikap, serta hasil pre-test dan post-test selama mengikuti kegiatan.

Setelah acara penutupan, peserta dan panitia mengikuti sesi dokumentasi serta upacara tradisi “Mandi Suci”. Dalam tradisi ini, peserta membentuk formasi melingkar dan disiram menggunakan mobil pemadam kebakaran, diiringi renungan dari para pelatih untuk menambah semangat dan menanamkan rasa persaudaraan serta kecintaan sebagai petugas Pemadam Kebakaran.

Kegiatan ini menutup rangkaian pelatihan yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para petugas Damkar dalam menjalankan tugas mereka di lapangan.

Diketahui sebelumnya, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, secara resmi membuka kegiatan Kualifikasi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemadam 1 Aparatur Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Kota Kendari Tahun 2024. Acara ini berlangsung di BPMP Sultra, Selasa (20/8/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan dari tanggal 20 hingga 26 Agustus 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama aparatur pemadam kebakaran di kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara (Sultra). Sebanyak 50 petugas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan dari berbagai daerah di Sultra mengikuti pelatihan ini.

Dalam acara tersebut, hadir sejumlah pejabat penting seperti Analis SDM Aparatur dari Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK) Kemendagri RI, Greis Meirandha. (HenQ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here