KPU Sultra Siap Buka Pendaftaran Calon Kada

0

Kendari – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Kordinasi Pencalonan Kepala Daerah (Kada) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Claro Kendari, Kamis (01/08/2024).

Hadir dalam Rakor ini Ketua KPU Sultra, Asril bersama jajaran, Ketua KPU Kabupaten/Kota, Perwakilan Media, serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Sultra.

Ketua KPU Sultra, Asril mengatakan bahwa pihaknya sudah siap menjalankan tahapan Pilkada Serentak 2024 termasuk membuka pendaftaran Calon Kepala Daerah (Cakada) Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. “KPU harus siap,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Asril juga berpesan kepada jajarannya termasuk yang ada di 17 Kabupaten/Kota untuk selalu siap dalam melaksanakan setiap tahapan Pilkada ini.

“Saya berpesan kepada teman seperdevisian agar untuk selalu selalu siap dalam perencanaan tahapan kegiatan. Jalankan sosialisasi secara masif sesuai amanah PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) Nomor 9 Tahun 2022,” ungkap Asril.

Asril juga berpesan kepada jajarannya khususnya pada devisi data yang saat ini sedang bekerja merekap daftar pemilih hasil pemutakhiran agar tetap semangat dan bisa segera menuntaskan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Hari ini (01/08) sampai besok (03/08) kita harus sudah pleno rekap ditingkat PPS (Panitia Pemungutan Suara) Kelurahan dan Desa. Ini harus dipantau dan dimonitor kerja PPS,” ungkap Asril.

“Begitu juga pada tanggal 5-7 Agustus itu (pleno) di tingkat PPK (Panitia Pemiliha Kecamatan). Selanjutnya tingkat Kabupaten/Kota 9-11 Agustus dan di tingkat Provinsi tanggal 12-17 Agustus 2024,” tambahnya.

Setelah itu, lanjut Asril, ia meminta jajaran agar mengawal proses pengumuman hasil pleno daftar pemilih ditingkat Kabupten/Kota yang akan diumumkan di Kelurahan melalui PPS pada tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

“KPU harus siap dalam menjalankan semua tahapan Pilkada sehingga bisa berjalan sesuai tahapan yang telah direncanakan sebelumnya,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here