Bangun Sinergitas, Pemkot Gelar Apel Gabungan Bersama RT RW se-Kota Kendari

0

SEPUTAR DAERAH – Kendari – Pemerintah Kota Kendari menggelar apel gabungan bersama Rukun Tetangga (RW) dan Rukun Warga (RW) se-Kota Kendari. Acara dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Kendari, Senin (27/5/2024).

Hal ini bertujuan untuk membangun sinergitas dari tingkat RT, RW, lurah dan camat agar berkolaborasi dalam membangun Kota Kendari dari sisi kemasyarakatan, pembangunan infrastruktur, sosial dan sebagainya demi terciptanya Kota Kendari yang Aman, Nyaman dan Bahagia.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup sebagai pembina apel mengungkapkan, maksud dan tujuannya adalah untuk menyinergikan apa yang menjadi program pemerintah dalam menata Kota Kendari.

Pj. Wali Kota Kendari mengungkapkan, tugas pemerintah adalah untuk mengatur masyarakatnya bukan untuk menyesatkan masyarakatnya.

“Kita punya kewenangan untuk mengatur masyarakat, saat ini pemerintah Kota Kendari sedang menata kota untuk bagaimana bisa memanfaatkan ruang-ruang publik yang sesuai peruntukannya. RT dan RW punya hak untuk menegur masyarakat yang berjualan di trotoar dan bahu jalan,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala BPBD Sultra ini juga mengatakan, sebagai mitra terdekat pemerintah, RT dan RW seharusnya menjadi corong atau penyambung lidah pemerintah kepada masyarakat.

“Ini yang saya harapkan, bahwa apa yang menjadi program pemerintah seharusnya RT dan RW yang menyampaikan kepada masyarakatnya untuk bagaimana bisa mengakselerasi atau mempercepat pelaksanaan program pemerintah,” tambahnya.

Pj. Wali Kota Kendari juga menambahkan, untuk memajukan Kota Kendari pemerintah Kota Kendari akan menata dan menetribkan Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Maju dan tidaknya kota ini tergantung dari masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan baik, dan selama saya masih menjabat akan saya bereskan semuanya, setelah menertibkan kawasan MTQ selanjutnya kami akan menertibkan pasar Lawata, pasar panjang, pasar baru, tapak kuda, Kendari beach sampai ke bagian Andonohu, semuanya akan dilakukan secara berjenjang sampai masa jabatan saya selesai,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 352 RW dan 1057 RT mengikuti apel gabungan ini. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here