Gedung Baru IRJA RSUD Kota Kendari, Bergerak Berikan Pelayanan Prima Bagi Kesehatan Masyarakat

0

Kendari– Pelayanan Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Kota Kendari yang baru selesai dibangun yang berada di kawasan RSUD Kota Kendari diresmikan penggunaannya oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Jumat (17/2/2023).

PJ Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu saat menandatangani prasasti Gedung Baru Instalasi Rawat Jalan RSUD Kota Kendari, Jumat (17/2/2023).

Asmawa Tosepu menyampaikan bahwa, keberadaan RSUD Kota Kendari yang dibangun secara bertahap dengan dana APBB, APBD, DAK, DPPIPD bidang kesehatan sejak tahun 2008, telah menjalankan fungsinya sebagai pelayan kesehatan sampai pada hari ini.
“Ini menjadi harapan kita semua untuk terus dapat memberikan pelayanan yang paripurna dan dapat dijangkau oleh kemampuan ekonomi masyarakat, terutama masyarakat dengan kemampuan yang terbatas ataupun sangat terbatas,” harapnya.

Asmawa juga mengatakan, gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJA) RSUD Kota Kendari ini di bangun menggunakan dana BLUd RSUD Kota Kendari tahun 2022.

“Instalasi Rawat Jalan ini berfungsi sebagai pelayanan rawat jalan yang terpusat terdiri dari 2 (dua) lantai dengan tujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengases pelayanan rawat jalan, selain itu juga merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan pelayanan rawat jalan khusus bagi masyarakat kota kendari dan sulawesi tenggara pada umumnya,” sebut Pj Wali Kota Kendari.

Asmawa berharap dengan hadirnya gedung IRJA tersebut akan semakin menjadi motivasi, dan semangat kerja bagi tenaga medis atau tenaga kesehatan di RSUD Kota Kendari.

“Pemerintah kota Kendari terus berusaha untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. Salah satunya mendorong peningkatan status RSUD Kota Kendari dari sekarang tipe B, mudah-mudahan bisa menjadi tipe A,” bebernya.

Paling tidak terdapat peluang bagi RSUD Kota Kendari untuk mengambil peran sebagai rumah sakit pendidikan di Sulawesi Tenggara.

“Karena kita ketahui sendiri di Universitas Halu Oleo (UHO) sudah memiliki fakultas kedokteran tapi belum ada rumah sakit pendidikan. Kemudian UMK juga sudah akan mendirikan fakultas kedokteran, sehingga saya mendorong terus untuk mempercepat RSUD menjadi rumah sakit pendidikan menuju rumah sakit tipe A,” bilangnya.

Selain itu, langkah-langkah strategis yang akan dilakukan Pemkot Kendari adalah dengan memberikan kesempatan dan bantuan dana pendidikan melalui beasiswa kepada dokter-dokter yang ada di Kota Kendari untuk mengambil spesialisasi atau dokter ahli.

“Jadi mereka ini lah yang akan menjadi tulang punggung pelayanan kesehatan di RSUD di Kota Kendari,” jelasnya.

Ditempat sama, Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan dengan hadirnya gedung instalasi rawat jalan tersebut paling tidak kualitas layanan maupun kuantitas pemberian layanan kepada masyarakat yang membutuhkan bisa dioptimalkan.

“Semua instrumen baik itu ditingkat managerial, operasional, dokter, kebidanan, keperawatan, sampai administrasi supaya menyesuaikan dengan suasana kerja yang baru. Karena teorinya bilang suasana kerja yang baru sangat mempengaruhi produktivitas kerja,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman mengatakan fasilitas di gedung instalasi rawat jalan tersebut memiliki 18 ruangan poliklinik dokter spesialis.

Termasuk peralatan untuk menunjang kinerja para dokter telah disediakan.

“Allhamdulillah, termasuk nanti penanganan CT scan kita sudah siapkan juga. Sementara dalam perjalanan,” pungkasnya.

Hadir diacara peresmian gedung Instalasi Rawat Jalan RSUD Kota Kendari, Sekda Kota Kendari,  Ketua DPRD Kota Kendari, sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemkot Kendari, Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Mantan Wali Kota Kendari H.Masyur Masih Abunawas, Ir.H.Asrun, H.Musadar Mapasomba, Kepala Perbankan dan tamu undangan lainnya.(Hengky-MNC Trijaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here