Pemerintah Bersama Warga Bergerak Bersihkan Sampah Akibat Banjir di Kelurahan Sanua

1
Lurah Sanua, Anas, Saat memantau pembersihan sisa sampah akibat banjir di Lorong Boronang Kelurahan Sanua Kecamatan Kendari Barat, Sabtu (17/12/2022).

Kendari – Dampak akibat cuaca ekstrem hujan dan angin kencang yang melanda Kota Kendari jumat, 16 Desember 2022 kemarin, membawa dampak banjir dibeberapa lokasi di wilayah Kota Kendari, yang hari ini secara perlahan mulai ditangani oleh Pemerintah Kota Kendari dan dibantu warga serta dinas terkait, salah satunya yang terjadi di jalan Baronang Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat.

Lurah Sanua beserta jajarannya, dibantu Ketua RT, Bhabinkamtibmas serta warga masyarakat setempat bahu membahu membersihkan sisa sampah yg menutupi jalan Boronang dan sekitarnya sejak semalam hingga siang ini.

“Kami bersama warga dan dibantu anggota Bhabinkamtibmas setta DLHK sejak semalam membesihkan sampah sisa banjir yang menutupi sepanjang jalan Boronang. Apalagi semalam Pak Pj Walikota Kendari juga turun langsung kelapangan melihat kondisi yang ditimbulkan akibat banjir tersebut,” terang Lurah Sanua, Anas saat ditemui MNC Trijaya di lokasi pembersihan.

Okem, salah satu warga di jalan Boronang mengatakan, banjir ini rutin terjadi di musim penghujan.
“Air naik kurang lebih 30 centimeter dan cukup deras mengalir seperti kali, sehingga masuk kerumah dan mengakibatkan rusaknya beras yang ditampung dan perabotan rumah tangga, untuk itu saya berharap agar adanya perhatian pemerintah untuk membenahi drainase yang sudah tertutup sendimen lumpur dan pasir agar segera diangkut, dan hari ini kami melihat sampah akibat banjir sudah diangkut oleh dinas kebersihan,” ujarnya.

Pj Walikota Kendari Asmawa Tosepu, memimpin pembersihan sisa banjir di jalan Moh Hatta, Kelurahan Sanua, Kecamatan Kendari Barat

Sebelumnya, Pj Walikota Asmawa Tosepu, semalam turun secara langsungĀ  ke lokasi sekaligus memimpin pembersihan sampah yang dibawa banjir dari saluran di lorong Fajar Merantau yang membawa sejumlah materal sampah.

“Tidak ada kerugian yang ditimbulkan, hanya tumpukan sampah di badan jalan dan diperintahkan DLHK untuk segera diangkut. Dan alhamdulilah sudah tertangani,” ungkap Pj Walikota.

Tak lupa Pj Walikota Kendari mengimbau kepada seluruh masyarakat kota Kendari agar mewaspadai potensi terjadinya tanah longsor dan banjir saat musim penghujan.

Bagi masyarakat yang berada di lereng-lereng atau di tebing-tebing daerah yang rawan agar mewaspadai potensi terjadinya tanah longsor, dan melakukan koordinasi dengan lurah atau camat dalam melakukan upaya mitigasi sejak dini.

Untuk menjadi perhatian dan kewaspadaan warga masyarakat, berdasarkan data dari BMKG (dilansir bmkg.go.id) terkait perkiraan cuaca yang akan terjadi hari ini, Sabtu (17/12/2022),Pada siang hingga sore hari di wilayah Wakatobi, Kendari, Konawe Selatan, Buton Utara, Konawe Kepulauan dan Konawe Utara, pada malam hari di wilayah Baubau, Buton Selatan dan Buton Tengah serta pada dini hari di wilayah Wakatobi. Berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang. (Hengky-MNC Trijaya)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here