Cegah Stunting, Sekda Launching Kampung KB dan DASHAT di Kecamatan Baruga

0
Sekretaris Daerah Kota Kendari, Ridwansyah Taridala melaunching Kapung Keluarga Berkualitas dan DASHAT di Kecamatan Baruga, Jumat 9 Desember 2022

Kendari – Pemerintah Kota Kendari terus berupaya dalam hal pencegahan stunting, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Baruga , Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala, didampingi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Sumber Daya Manusia dan Kerjasama Setda Kota Kendari, Hj. Andi Dadjeng, serta Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) Jahudding dan Camat Baruga Saldy, hadir membuka secara resmi sekaligus melaunching Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dan Dapur Sehat atasi Stunting Tingkat Kecamatan Baruga Kota Kendari Tahun 2022, Kamis (O9/12/2022).

Ridwansyah Taridala dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kota Kendari sangat mengapresiasi terhadap terlaksananya Launching Program Kampung Keluarga Berkualitas (KB) yang telah berjumlah 36 Lokus Kelurahan dari target 38 di tahun ini serta Dapur Sehat Atasi Stunting sebanyak 22 dari target 24 lokus kelurahan, yang mana semua ini merupakan Agenda Prioritas Pembangunan Nasional yang tertuang dalam Nawacita Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang pelaksanaannya bersinergi dengan Lintas Sektoral baik itu OPD, LSM, Media dan Pihak Swasta lainnya yang memberdayakan Masyarakat sampai ke Level RT/RW.
“Keberhasilan Program ini sangat dipengaruhi oleh komitmen serta kerja keras dengan dedikasi pengelola teknis program serta sistem yang terpadu dan terintegrasi antar Pemerintah dan Lintas Sektoral,” ujar Sekda Kota Kendari.

Ridwansyah beharap kegiatan ini bisa berjalan lancar ditahun mendatang sesuai dengan juknis yang telah ditentukan dengan memberi pemahaman tentang mengolah makanan sehat yang bernilai gizi baik terhadap keluarga.

“Atas nama pemerintah Kota Kendari, kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pihak-pihak yang telah berpartisipasi dan memberikan dukungan baik moril maupun materil terhadap terlaksananya kegiatan ini, baik itu pihak dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana maupun ditingkat pelaksana program Pemerintah kecamatan Baruga  beserta jajarannya yang mempunyai komitmen yang sama dalam upaya pencegahan stunting di Kota Kendari.” Pungkas Sekda Kota Kendari.

Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas merupakan pengganti dari program terdahulu yakni Kampung Keluarga Berencana.

Adapun tujuan dari pencanangan kampung keluarga berkualitas ini adalah agar semua lintas sektor berperan aktif dalam penanganan stunting yang ada diwilayah kecamatan Baruga.

Sebab ada beberapa faktor yang dapat menunjang penanganan stunting yakni, sanitasi, air bersih, lingkungan rumah yang bersih sehat, vaksin imunisasi, pemberian makanan tambahan dan pemberian vitamin dan tambah darah.

Launching Kampung Keluarga Berkualitas dan Dapur Sehat atasi Stunting Tingkat Kecamatan Baruga Kota Kendari Tahun 2022, turut dihadiri, Kapolsek Baruga, Danramil, Kepala Puskesmas lepo lepo, Ketua Tim PKK Kecamatan dan Kelurahan. (Hengky-MNC Trijaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here