Peringatan Hakordia 2022, Pj Walikota Kendari Apresiasi Capaian Kinerja Pengawasan Inspektorat

0

Kendari – Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2022 Tingkat Kota Kendari dengan tema “Indonesia Pulih, Kendari Bergerak, Bersatu Berantas Korupsi”, berlangsung di  Ruang Pola, gedung Balaikota Kendari, Rabu (7/12/2022).

Pj Walikota Kendari Asmawa Tosepu

Pada momen tersebut Penjabat (Pj) Walikota Kendari Asmawa Tosepu mengapresiasi capaian kinerja pengawasan Inspektorat Kota Kendari.

“Saya mengapresiasi capaian kinerja pengawasan Inspektorat Kota Kendari tahun ini, dimana dari rencana 473 obyek pengawasan, yang telah terealisasi sebanyak 451 obyek dengan jumlah dana yang diawasi kurang lebih sebesar 1,389 triliun,” ungkap Asmawa.

Ia menyampaikan bahwa nilai Kapabilitas APIP telah mencapai level 3, serta menggagas Program Pencegahan Korupsi di Kota Kendari, yaitu melalui aplikasi ePROKSI; yang didalamnya memuat fungsi APIP Inspektorat selaku assurance and consulting, serta pemberantasan pungli dan pengendalian gratifikasi.

“Hasil penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP terintegrasi pada Pemerintah Kota Kendari berada pada level 3 dengan skor 3,396 yang baru saja dicapai. Ini menandakan bahwa tingkat kematangan SPIP dalam mencapai tujuan pengendalian yang meliputi kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset daerah, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan pada OPD telah berjalan dengan baik.” terangnya saat menyampaikan sambutannya.

Asmawa berharap, capaian-capaian ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.

Kepala Inspektorat Kota Kendari, Inspektur Syarifuddin

Sementara itu Inspektur Syarifuddin mengucapkan terimakasih atas dukungan dari semua pihak utamanya apresiasi yang disampaikan Pj Walikota Kendari kepada kami dalam hal capaian kinerja pengawasan Inspektorat Kota Kendari.

Menurutnya strategi pemberantasan korupsi, melalui Penindakan, Pencegahan dan Pendidikan Antikorupsi, harus melibatkan seluruh elemen masyarakat Indonesia.

“Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan peringatan Hakordia adalah bentuk dukungan dari Pemerintahan Daerah dan masyarakat Kota Kendari terhadap implementasi 9 nilai dasar antikorupsi untuk meningkatkan pemahaman dan mendorong partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam melakukan pemberantasan korupsi.” Terangnya.

Pemerintah Kota Kendari juga terus mendorong transparansi dan akuntabilitas pengelolaan Perencanaan dan Penganggaran APBD; Pengadaan Barang dan Jasa; Perizinan; Pengawasan APIP; Manajemen ASN; dan Optimalisasi Pajak Daerah; serta Pengelolaan BMD melalui Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK, yang Alhamdulillah indeks capaian MCP Pemerintah Kota Kendari Tahun 2021 sebesar 91,71% dan berada pada peringkat pertama di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk tahun ini, per tanggal 1 Desember 2022 telah mencapai 86,96%; juga masih berada di peringkat pertama se-Provinsi Sulawesi Tenggara.

Di samping itu, masyarakat menunggu hasil nyata dari pemberantasan korupsi yang bisa langsung dirasakan oleh mereka melalui terwujudnya pelayanan publik yang lebih mudah dan terjangkau, bertambahnya pembukaan lapangan kerja baru, serta harga kebutuhan pokok yang lebih terjangkau.

Dalam hal pelayanan, telah diterapkan aplikasi LAIKA berupa pemberian layanan publik terintegrasi secara online, yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, kependudukan, persampahan, pemadam kebakaran, dan kebencanaan; tanpa harus mendatangi kantor layanan dan menunggu waktu yang lama untuk dilayani, dan dengan tujuan agar terhindar dari praktik percaloan dan pungli. (Hengky-MNC Trijaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here